Latest News
Selasa, 08 Mei 2018

SMP Muhammadiyah Cikoneng Gelar Munaqosyah Tahfizul Qur'an



CIAMISMU.COM ( CIKONENG / CIAMIS ) Pada tanggal 03 Mei 2018 merupakan salah satu hari yang  spesial bagi  keluarga besar SMP Muhammadiyah Cikoneng-Ciamis, Karena pada saat itu ada kegiatan Munaqosyah Program Tahfidzul Qur’an sebagai Ujian Akhir bagi peserta. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali diadakan di SMP Muhammadiyah Cikoneng.

Menurut Jenal Abidin yang merupakan pembimbing Program Tahfidzul Qur’an mengatakan, bahwa program ini baru berjalan kurang lebih sekitar 6 bulan dengan jumlah peserta cuma 1 orang saja, dan pesertanya pun adalah siswi kelas IX. Kenapa bisa demikian ? Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah program ini merupakan program permulaan,sehingga jangan kaget kalau jumlah pesertanya sedikit. Meskipun Program Tahfidzul Qur’an baru berjalan 6 bulan,akan tetapi hasilnya sungguh sangat luar biasa sekali,karena dalam jangka waktu tersebut peserta mampu menamatkan hafalannya sebanyak 3 juz yaitu Juz 28, 29 dan 30. Padahal target awal kita hanya menargetkan 1 tahun 1 Juz, tuturnya.

Adapun acara Munaqosyah sendiri terdiri dari 2 bentuk, yaitu test terbuka dan tertutup. Untuk tes terbuka dilakukan di depan penguji, Kepala Sekolah ,dewan guru dan  siswa-siswi SMP Muhammadiyah cikoneng dengan menamatkan hafalan 1 juz penuh. Ada keuntungan tersendiri dengan adanya tes terbuka ini selain untuk menguji hafalan peserta, ada Tasmi’ul Qur’annya juga.  Sementara sisanya yang 2 Juz dilakukan secara tes tertutup.
Foto : Pirda Siti Nurjanah merupakan peserta Munaqosyah Program Tahfidzul Qur’an

Dalam sambutannya kepala SMP Muhammadiyah Cikoneng , Sofwan S.Pd.,M.M menyampaikan harapannya mudah-mudahan saja dengan adanya kegiatan ini, meskipun ini adalah program permulaan bisa menumbuhkan/ memotivasi  semangat siswa-siswi SMP Muhammadiyah cikoneng untuk menghafal Alqur’an.Beliau juga berharap pada tahun depan pesertanya lebih banyak lagi.
Demi menyukseskan acara tersebut, SMP Muhammadiyah Cikoneng mengundang seorang Hafidzah Al-Qur’an yang bernama Usth.Yayah Siti Rukayah yang bertindak sebagai Penguji Munaqosah Program Tahfizhul Qur’an. Beliau merupakan salah seorang pembina atau pembimbing Tahfizh Al-Qur’an di salah satu Pondok Pesantren ( PONPES ) di Kota Tasikmalaya.

Menurut beliau ada beberapa tips dalam menghafal Al-Qur’an diantaranya adalah Pertama, luruskan niat karena mengharap ridho Allah SWT dan agar selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.Kedua, menahan diri dari hal-hal yang mubah,setiap waktu kita senantiasa bersama Al-Qur’an.Ketiga, harus mempunyai teman / guru yang sama-sama saling menyemangati dalam menghafal Al-Qur’an. Keempat, perkuat Azzam untuk selalu optimis bisa mengkhotamkan hafalan 30 Juz dan menjaga hafalan seumur hidup.kelima, selalu bawa hafalan yang kita punya dalam setiap bacaan sholat. ( JENAL ABIDIN ).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: SMP Muhammadiyah Cikoneng Gelar Munaqosyah Tahfizul Qur'an Rating: 5 Reviewed By: Admin Sambil Ngaji