Latest News
Sabtu, 19 Januari 2019

Tradisi Literasi Kita dan Infobesitas



Ciamismu.com - Banjir informasi dan begitu cepat penyebaraannya, terkadang membuat kita bingung membedakan mana fakta atau opini.

Kemajuan hari ini dengan media sosialnya pada dasarnya bukan sebatas sarana untuk saling terkoneksi semata, tapi juga sarana berbagi informasi. Sehingga, kemungkinan gejala infobesitas dan termakan isu hoaks menjangkit nalar kita, apabila tidak pandai memilah informasi.

Dalam dunia medis kita mengetahui yang namanya obesitas (kelebihan berat badan) karena terlalu banyaknya asupan yang tidak sehat masuk, sehingga sukar dicerna oleh metabolisme tubuh. Begitu juga dengan informasi yang berterbaran hari ini, bukan hanya mengandung berita positif, tapi berita sampah bisa masuk menjejali nalar kita.
Angkatan Muda Muhammadiyah Ciamis, khususnya di Banjarsari tentu harus lebih cerdas dalam menyikapi perkembangan informasi yang begitu cepat hari ini. Kalau tidak, bersiaplah menjadi korban akan ganasnya arus informasi yang begitu cepat. Sedangkan kita belum mempersiapkan imun yang membentengi nalar kita.

Satu-satunya solusi adalah menggiatkan dan membiasakan gerakan literasi. Karena literasi adalah tradisi kaum yang berkemajuan. Dimana kaum yang berkemajuan nalarnya telah terbenteng dari hasil tradisi literasinya tersebut. Sehingga dampak negatif dari infobesitas dan hoaks bisa diminimalisir.

Berbicara kenyataan, kita tidak perlu terlalu larut dalam menyesali akan fakta bahwa budaya literasi kita rendah. Tidak ada yang terlambat, cukup mengalokasikan waktu 15 menit sehari untuk membaca secara berkelanjutan. Insya budaya literasi akan terus berkembang dengan sendirinya. Sehingga imun pada nalar kita akan semakin baik dalam menghadapi wabah infobesitas.

Selamat berliterasi
#Fatabiqulkhairat
Waskito Hartono, S.Th.i (Admin Ciamismu.com)

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Tradisi Literasi Kita dan Infobesitas Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu