Latest News
Sabtu, 25 Januari 2020

7 Jenis Kopi Nusantara yang Paling Digemari Pecinta Kopi Dunia (1)


Ilustrasi Jenis Kopi Nusantara di Pasar Dunia

CIAMISMU.COM - Indonesia dikenal sebagai produsen kopi terbesar keempat di dunia, tentunya memiliki beragam jenis kopi Nusantara yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.


Bersumber informasi Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementrian Pertanian, konsumsi kopi nasional nampaknya akan terus meningkat. Bahkan diprediksi sepanjang waktu 2016 – 2021, pertumbuhan konsumsi kopi nasioanl dirata-ratakan akan naik 8,22 persen setiap tahunnya.

Memperhatika data tersebut, tentunya membuat Indonesia semakin dikenal sebagai penghasil kopi terbaik dunia. Bahkan beragam jenis kopi nusantara yang saat ini mungin Kawan Ciamismu nikmati, ternyata menjadi kegemaran pencinta kopi dunia.

Berdasarkan pernyataan Pemerintah, setidaknya diketahui ada 16 jenis kopi Nusantara yang sudah beredar di pasar internasional. Dari 16 jenis kopi Nusantara tersebut, Ternyata ada tujuh jenis kopi yang paling banyak digemari pasar dunia.

Berikut ini Ciamismu rilis daftarnya, siapa tau jenis kopi kesukaan kawan-kawan:

Pertama, Kopi Flores Bajawa

Ilustrasi Kopi Flores Bajawa

Kopi Bajawa adalah salah satu jenis kopi yang berkembang di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lebih tepatnya lagi, kopi Flores Bajawa berasal dari Kabupaten Ngada dengan berjenis kopi arabika.

Kopi ini merupakan hasil budidaya yang telah lama dikembangkan oleh Suku Ngada dan termasuk sebagai sumber pendapatan tersendiri bagi mereka.

Mengenai cita yang berbeda, ternyata bersumber dari prinsip budidaya yang dipegang suku Ngada, yaitu kopi  dipupuk tanpa pestisida. Oleh karena itu, kopi ini menjadi kopi yang bercita rasa pahit dengan kekentalan yang lumayan pekat, serta keasamannya juga rendah.

Kemudian, kopi yang sukses menembus pasar Amerika ini, ternyata lebih dominan vanila dan cokelatnya dengan after taste yang agak sedikit nutty.

Kedua, Kopi Gayo Sumatera



Kopi Gayo merupakan salah satu dari sekian banyak jenis kopi asal Sumatra. Berasal dari dataran tinggi Gayo, provinsi Aceh. Kopi Gayo ternyata memiliki tekstur yang encer dan keasaman yang seimbang.

Bahkan ada teknik tradisional yang khas untuk menikmati lebih kopi ini, terutama yang berkembang di Masyarakat Aceh. Dimana kopi Gayo tidak diseduh seperti biasa, tapi kopi dan air direbus bersamaan hingga mendidih. Kemudian kopi tersebut dituangkan ke dalam gelas berisi gula dan susu.

Kopi Gayo ditanam di ketinggian 1.200 mdpl, tentunya akan menghasilkan biji kopi yang baik dan bercita rasa khas. Berkat rasa dan aromanya yang nikmat, kopi Gayo sukses mendunia dengan diekspor ke Amerika Serikat.

Ketiga, Kopi Java Ijen Raung


Ilustrasi Kopi Java Ijen Raung

Berikutnya adalah Jenis Kopi Nusantara asal Jawa Timur, tepatnya Kopi khas Bondowoso. Kopi ini pertama kali diekspor pada tahun 2011 dan kini populeritasnya kian meroket hingga sukses tembus ke pasar Eropa.

Mengenai cita rasa, kopi Java Ijen Raung memang pantas dikatakan sebagai kopi yang mendunia. Hal ini dikarenakan kopi asal Jawa Timur ini punya rasa yang sedikit pedas dan beraromakan bunga hutan.

Bukan hanya itu saja, soal keasamannyapun unik, kopi lebih dominan asam Jawa dibandingkan citrus. Apalagi ditambah tingkat keasamannya yang sedang, tidak terlalu tinggi.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 7 Jenis Kopi Nusantara yang Paling Digemari Pecinta Kopi Dunia (1) Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu