Latest News
Sabtu, 25 Januari 2020

7 Jenis Kopi Nusantara yang Paling Digemari Pecinta Kopi Dunia (2)


Keempat, Kopi Kintamani Bali

Ilustrasi Kopi Kintamani Bali

Kopi Kintamani asal Bali ternyata menjadi kopi yang terus meroket kepopulerarnnya di Jepang, Eropa, dan beberapa Negara Arab. Kopi dengan dominasi asam citrus segar dan aroma wangi bunga, ternyata memiiki tingkat kasaman dan kekentalan yang sedang.

Berjenis kopi arabika, kopi Kintamani bisa disajikan dengan dua cara, yaitu tradisional dan modern.

Cara tradisional cukup dengan mencapurkan kopi, gua, dan air panas. Sedangkan secara modern kopi kintamani disajikan dengan proses penyeduhan V60.

Kelima, Kopi Liberika Rangsang Meranti Riau

Ilustrasi Kopi Liberika Rangsang Meranti Riau

Selain kopi Arabika atau Robusta, ternyata di Sumatera juga ada jenis kopi yang lebih besar buahnya dari keduanya. Kopi tersebut adalah kopi Liberika dari Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau.

Bahkan kopi Liberika ini menjadi salah satu hasil pertanian terbaik menurut Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Nasional RI.

Kopi yang tumbuh di lahan gambut ini ternyata sangat popular di Singapura dan Malaysia. Keduanya menjadi tujuan ekspr utama kopi ini.

Keenam, Kopi Temanggung

Ilustrasi Kopi Temanggug

Kopi Temanggung dari namanya saja sudah dikenal kopi ini berasal dari salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Dikenal sebagai jenis kopi dengan aroma yang cukup unik, kopi Temanggung punya sedikit aroma tembakau.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan dalam proses penanamannya, kopi Temanggung bersebelahan dengan tanaman tembakau. Dimana sari tembakau mempengaruhi tanaman kopi ini. 

Rasa yang pahit pekat dam mendominasi, membuat kopi temanggung ini sukses di ekspor ke Negara Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

Ketujuh, Kopi Toraja

Ilustrasi Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan termasuk juga kopi local nusantara yang mendunia. Kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan ini diekspor utamanya ke Jepang dan Amerika.  

Keunikan kopi ini terdapat di after testnya, Dimana kopi Toraja itu tidak menyisakan rasa pahit yang menganggu setelah mengkonsumsinya. Rasal pahit terletak di awal dan hilang dalam sekali tegukan.

Adapun jenis kopi Toraja asli itu memiiki warna cokelat tua dengan biji yang bentuknya tidak beraturan. Kopi Toraja sama dengan kopi lainnya asal Sulawesi, sama-sama meiik rasa earthly. Dimana rasanya seperti rasa tanah atau hutan dengan kandungan asam yang rendah pula.


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 7 Jenis Kopi Nusantara yang Paling Digemari Pecinta Kopi Dunia (2) Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu