Latest News
Selasa, 28 Januari 2020

Pemuda Muhammadiyah Banjarsari Kembangkan Gaya Hidup Minim Sampah

Kopdar Sambil Ngaji PC Pemuda Muhammadiyah Banjarsari


CIAMISMU.COM(Banjarsari/Ciamis) Bertepatan dengan kegiatan rutin Kopdar sambil ngaji Pemuda Muhammadiyah Banjarsari pada hari Selasa (28/01/2020), berinisiatif kembangkan gaya hidup minim sampah.

Dimana gaya hidup minim sampah terutama sampah plastik adalah upaya bersama Pemuda Muhammadiyah untuk menjaga lingkungan hidup dari sumbernya.

Apalagi hari ini, produksi sampah plastik di Indonesia sangatlah mengerikan. Jutaan ton sampah dihasilkan setiap tahunnya hanya untuk kemasan sekali pakai. Hal tersebut tentunya sangat berdampak buruk pada kelestarian lingkungan kita.

Terutama, plastik merupakan bahan praktis digunakan tapi sangat sulit untuk diuray. Dampaknya, ketika produksi dan pengurayan yang tidak seimbang, sampah plastic akan menumpuk dimana-dimana.

Melihat realita seperti itu, Pemuda Muhammadiyah Banjarsari nampaknya berkomitmen untuk menginspirasi kepada generasi muda lainnya ataupun angkatan Muda Muhammadiyah lainnya untuk bergaya hidup Islami yang di dalamnya mencakup kepedulian lingkungan.

Caranya dengan mengurangi sampah dalam berbagai aktifitas gerakan yang selama dijalani. Hal ini dibuktikan dalam Kopdar Mingguan Pemuda Muhammadiyah Banjarsari yang dilaksanakan di Sekolah Kesehatan SMK Muhammadiyah 3 Banjarsari tadi sore.

Kopdar tersebut berupaya meniadakan gelas cup ataupun wadah sekali pakai, diganti dengan wadah yang bisa digunakan berulang kali. Sehingga setiap anggota yang hadir diajak untuk menyadari untuk tidak mudah memproduksi sampah.

Salah satu peserta kopdar mencuci kembali gelas yang digunakannya

Adapun harapan dari gerakan ini adalah bisa dikembangkan menjadi dakwah kolektif semua unsur Muhammadiyah di Ciamis. Terutama untuk mengembangkan gaya hidup minim sampah. (WH/Ciamismu.com).



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

1 komentar:

  1. Mantap..... Lanjutkan dan berkemajuan.
    Semoga menjadi contoh khususnya untuk warga muhammadiyah yang lain. Umumnya untuk masyarakat seluruhnya.

    BalasHapus

Item Reviewed: Pemuda Muhammadiyah Banjarsari Kembangkan Gaya Hidup Minim Sampah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu