Latest News
Minggu, 02 Februari 2020

Alur Publikasi Artikel di Ciamismu



CIAMISMU.COM - Menimbang respon positif masyarakat terhadap arikel-artikel di Ciamismu. Kami selaku pengelola senantiasa menyambut baik dan mengakomodir kontribusi berupa Informasi yang ingin dipublikasikan melalui media ini.

Hanya saja, sebagai upaya menjaga kualitas pemberitaan dan artikel di Ciamismu. Ada hal-hal yang harus terpenuhi sebagai standar Publikasi kami. Untuk itu berikut alur Publikasi artikel/berita di Ciamismu:

1. Informasi yang akan disajikan senantiasa harus bermuatan positif.








Ciamismu seperti dalam taglinenya "Berkemajuan itu Asyik" memang berupaya ta
mpil sebagai media yang mendorong kemajuan. Sehingga segala Informasi yang bisa ditampilkan haruslah bermuatan positif.

Hal ini dikarenakan, Ciamismu memahami bahwa Informasi positif adalah salah satu jalan yang mendorong kepada kemajuan.

2. Memenuhi "5W1H" dan Ada Unsur Menariknya


Problem kontributor yang sering kami rasakan adalah banyaknya Informasi yang masuk, tetapi tidak memenuhi standar pemberitaan. Kebanyakan hanya mengirimkan foto dengan sedikit catatan informasi. Tidak jelas kapannya, dimananya, siapanya dan lain-lain.

Oleh karena itu kami mengingatkan bagi yang ingin berkonstribusi di Ciamismu, hendaknya memahami kembali prinsip 5 W 1 H (lima we satu ha). Dimana "5 W 1 H" singkatan dari, What, Who, Where, When, Why, dan How.

What (Apa): Menjelaskan tentang peristiwa apa yang sedang terjadi. Contohnya pelantikan IMM Kota Banjar.

Who (Siapa): Menjelaskan pihak yang menjadi sentral ataupun pihak terlibat dalam peristiwa yang ingin diberitakan. Contohnya Mahasiswa STIT Muhammadiyah dilantik menjadi IMM Kota Banjar. Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh Keluarga Besar Muhammadiyah lainnya.

Where (Dimana): Menjelaskan lokasi terjadi suatu persitiwa. Contohnya Kampus STIT Muhammadiyah Banjar.

When (Kapan): Kapan terjadinya peristiwa juga harus jelas. Mencakup keterangan Hari, Tanggal, waktu. Contohya Sabtu Pagi (1/2/2020).

Why (Kenapa): Menjelaskan kenapa peristiwa tersebut bisa terjadi. Sebagai Contoh Tim Sepak Bola SMK Muhammadiyah bisa juara karena kerja keras dan dukungan semua pihak.

How (Bagaimana): prinsip ini Menjelaskan tentang Informasi bagaimana yang terjadi. Contohnya Pengajian AUM PCM Banjarsari di MIM Cikohkol Berjalan dengan lancar.

Terakhir, agar berita tidak hanya sebatas "papan pengumuman" atau "wadah dokumentasi" harus dimasukan sedikit pemantik. Terutama unsur yang mengandung penasaran pembaca.

Sebagai contoh, panitia Muktamar Muhammadiyah telah menyediakan sejumlah fasilitas untuk para penggembira. Informasi tersebut bila dibatasi seperti itu hanya akan menjadi papan pengumuman tentang persiapan panitia muktamar, tidak ada unsur WOW nya.

Maka dimasukan fakta lain dimana sejumlah fasilitas yang disediakan panitia, dapat dinikmati cukup dengan membayar 20 ribu Rupiah. Hal ini setidaknya menumbuhkan penasaran pembaca tentang fasilitas apa saja yang didapat penggembira dengan biaya 20 ribu.

Adapun untuk memudahkan kontributor, bisa mengunduh format berita acara/peristiwa yang Ciamismu sediakan disini.

3. Berbentuk Narasi ataupun Berita Acara/Peristiwa


Perlu diketahui Ciamismu itu pada dasarnya media yang dibangun dengan semangat pengabdian untuk kemajuan. Maka pengelolaannyapun masih swadaya semangat mengabdi.

Sehingga ketika teman-teman yang berkontribusi mengirimkan kegiatan positifnya kepada kami dalam bentuk "Narasi yang sudah jadi", maka Hal itu sangat menggembirakan buat Ciamismu. Setidaknya meringankan untuk tidak menulis lagi berita.

Bila belum sanggup membuat "nasari yang sudah jadi" atau "berita yang sudah jadi". Dimohonkan mengirimkan Informasi yang memenuhi standar dan bersabar menunggu proses Publikasi.

Perlu diketahui untuk sampai berita dipublish. Ada prosesi penulisan redaksi, editing, dan lain-lain.

4. Mengirimkan bahan berita/Artikel melalui Email atau kontak Admin.


Bagi teman-teman yang ingin berkontribusi menyebarkan ide-ide kemajuan melalui Ciamismu, bisa mengirimkan tuliasannya melalui email atau kontak Admin Ciamismu.

Adapun email Ciamismu adalah Ciamismu@gmail.com. ataupun bisa mengirimkan file melalui Aplikasi WhatsApp ke nomor kontak yang tertera pada link disini.




  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Alur Publikasi Artikel di Ciamismu Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu