Latest News
Senin, 01 Juni 2020

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Apabila Mendengar Suara Adzan



CIAMISMU.COM - Adzan merupakan panggilan Shalat yang sering kita dengar tiap harinya. Namun agar keberkahan kita berkali-kali lipat, maka 4 hal ini bisa kita lakukan ketika kita mendengar suara Adzan.


1. Mendengarkannya dengan Seksama dan Menjawabnya

Bila Adzan sedang berkumandang maka yang bisa kita lakukan adalah mendengarkannya dan Menjawabnya.

Maksud menjawab disini adalah mengulangi kalimat-kalimat yang sudah dikumandangkan. Sebagaimana tertulis dari hadis Nabi Muhammad SAW:

"Ketika muadzin mengumandangkan allahuakbar allahuakbar lalu kalian menjawab allahu akbar allahuakbar. Kemudian muadzin mengumandangkan asyhadu anlaa ilaaha illallah, lalu kalian menjawab asyhadu anlaa ilaaha illallah dan seterusnya hingga akhir adzan. Siapa yang mengucapkan itu dari dalam hatinya maka akan masuk surga" (H.R Muslim 385).

Khusus untuk kalimat hayya 'ala Shalah dan Hayya 'alal Fallah diganti dengan La hawla wa la quwwata illa billah.
2. Bershalawat setelah Adzan dikumandangkan

“Apabila kalian mendengar mu’adzin, maka ucapkanlah sebagaimana yang diucapkan oleh muadzin, lalu bershalawatlah kepadaku, maka sungguh siapa saja yang bershalawat kepadaku sekali, Allah akan bershalawat kepadanya sebanyak 10x. Kemudian mintalah pada Allah wasilah bagiku karena wasilah adalah sebuah kedudukan di surga. Tidaklah layak mendapatkan kedudukan tersebut kecuali untuk satu orang di antara hamba Allah. Aku berharap aku adalah dia. Barangsiapa meminta wasilah untukku, dia berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 875).

Adapun bentuk shalawat yang disunnahkan setelah mendengar suara Adzan selesai adalah sebagai berikut:

Allahumma salli ala Muhammadin wa ali Muhammadin, kama sallayta ala Ibrahima wa ala ali Ibrahima innaka Hameedun Majeed. Allahumma Barik ala Muhammadin wa aali Muhammadin kama barakta ala Ibrahima wa ala aali Ibrahima innaka Hameedun Majeed.”

3. Membaca Doa Setelah Adzan

Amalan yang bisa kita lakukan  berikutnya adalah membaca doa setelah mendengar suara Adzan. Adapun bunyi doa tersebut adalah sebagai berikut:

اللهم رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ اَلتَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَالدَّرَجَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ الْمَقَامَ المَحْمُودَ الَّذِيْ وَعَدْتَهُ إِنَّكَ لَا تُخْلِفُ الْمِيْعَاد

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan.” (HR. Bukhari, Abu dawud, Tarmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah).

4. Berdoa Sesuka Hati

Salah satu waktu mustajab ketika berdoa adalah waktu diantara Adzan dan Iqomah.

Jangan sia-siakan manfaatkanlah untuk memanjatkan segala hajat kita kepada Allah swt:

الدعاء لا يرد بين الأذان والإقامة

“Doa yang tidak mungkin tertolak adalah ketika antara adzan dan iqamah” (H.R. At-Tirmidzi, hadits hasan shahih).

Empat hal tersebut bisa kita lakukan ketika atau setelah selesai mendengar suara Adzan. Selamat mencoba Sobatmu!.

Oleh:
Redaksi Ciamismu.com

Baca Juga: Alur Publikasi Artikel di Ciamismu
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Apabila Mendengar Suara Adzan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu