Latest News
Senin, 01 Juni 2020

Fastabiqul Khairat: Spirit Keunggulan Warga Muhammadiyah



CIAMISMU.COM - Salah satu slogan yang sangat populer di kalangan warga Muhammadiyah adalah Fastabiqul Khairat. Minimal sering muncul sebagai doa penutup dalam ceramah atau sambutan dikalangan Pemuda Muhammadiyah atau Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah.


Hanya saja slogan Fastabiqul Khairat terkadang hanya diartikan dengan "berlomba-lomba dalam kebaikan".

Padahal slogan Fastabiqul Khairat itu bisa diartikan lebih dan menjadi pemantik keunggulan warga Muhammadiyah.

Bahkan Dr. H. Abdul Mu'ti selaku Sekretaris Umum PP Muhammadiyah dalam ceramah singkatnya di TVMu, menjelaskan bahwa Fastabiqul Khairat itu bisa dimaknai dengan "berlomba-lomba menjadi yang Terbaik".

Dimana spirit "Fastabiqul Khairat" bukan hanya mendorong kita untuk berlomba-lomba dalam kebaikan semata. Melainkan menjadi spirit bagi kita untuk memproduksi keunggulan.

Apalagi barangsiapa yang menguasai keunggulan dari segi kualitas, Maka merekalah yangjug akan menjadi pemenang di masa depan. Baik masa depan agamanya, masa depan umatnya, masa depan masyarakatnya dan masa depan bangsanya.
Sejarah telah mencatat, spirit Fastabiqul Khairat itu pemantik keunggulan yang diciptakan oleh para pendahulu di persyarikatan. Membangun Amal Usaha dalam bidang pendidikan dan kesehatan adalah bukti spirit Fastabiqul Khairat telah dipraktekkan oleh pendahulu di Muhammadiyah dalam amal nyata.

Tinggal kita sebagai penerus, pelangsung, dan penyempurna jangan sampai terlena. Apalagi hanya berdiam diri bersembunyi dibalik jerih payah para pendahulu di persyarikatan.

Tak berpuas diri dengan apa yang ada, terus berinovasi, serta terus mengembangkan potensi diri dan kolektif adalah pemantik agar spirit Fastabiqul Khairat terus membara.

Baca Juga: 4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Apabila Mendengar Suara Adzan

Argumentasi Fastabiqul Khairat dalam Berlomba-lomba Menjadi yang Terbaik

Mengenai makna "Berlomba-Lomba menjadi yang terbaik". Ada banyak pendekatan termasuk dari segi bahasa.

Lafaz Khair (خير) dalam bahasa Arab selain berartian baik bisa juga diartikan menjadi yang terbaik.

Sebagai contoh dalam Al-Qur'an Surat Al Imran ayat 110. Allah swt berfirman:

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ

Artinya: Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia....

Kata khair di dalam diartikan terbaik.  Sehingga khaira ummah diartikan sebagai umat Yang terbaik.

Berikut adalah salah satu argumentasi bahwa Fastabiqul Khairat diartikan "Berlomba-lomba menjadi yang terbaik". Maka, kata Fastabiqul Khairat mari kita posisikan sebagai slogan dalam mendorong untuk menjadi unggul dan terdepan.

Adapun penjelasan lainnya tentang makna Fastabiqul Khairat itu berlomba-lomba menjadi yang terbaik. Bisa kita perhatikan lebih lengkap dalan cermah singkat Abdul Mu'ti di TVMu melalui link berikut: 

Oleh: Waskito Hartono, S.Th.i (Guru SMK Muhammadiyah 1 Banjarsari dan Ketua PC PM Banjarsari Ciamis).
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Fastabiqul Khairat: Spirit Keunggulan Warga Muhammadiyah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu