Latest News
Jumat, 26 Juni 2020

Soedirman: Seorang Guru yang Menjadi Jenderal Besar



CIAMISMU.COM - Sebelum dikenal sebagai seorang pahlawan dan Jenderal bintang seperti sekarang. Soedirman ternyata dikenal juga sebagai seorang guru dan dai.

Tak beda jauh dengan guru zaman now. Ternyata nasib Soedirman sebagai guru ternyata berpenghasilan kecil. Bahkan dikutip dari halaman Historia, Gaji yang didapat Soedirman hanya 3 f (tiga golden Belanda) sebulan.

Walaupun gaji yang kecil waktu itu, bukan berarti Soedirman santuy dan planga-plongo ketika mengajar. Beliau tetap serius dan terus berinovasi mengembangkan metode pembelajarannya.

Adapun tempat beliau mengajar adalah HIS Muhammadiyah Cilacap. Dimana bersama Muhammadiyah dirinya aktif sebagai dan kader organisasi berlambang Matahari tersebut.

Setidaknya beliau pernah menjadi Da'i Muhammadiyah dan perwakilan Pemuda Muhammadiyah se-karisedenan Banyumas. Bahkan dasar kemiliterannya sebelum bergabung organisasi militer bentukan Jepang, telah terbina di Hizbul Wathan (Organisasi Kepanduan Muhammadiyah yang pada tahun 60an dilebur menjadi Pramuka).

Sayangnya, pengabdian beliau dalam mencerdaskan anak bangsa harus beliau tinggalkan. Terutama disaat upaya pendudukan Jepang di Indonesia.

Pada perkembangannya Soedirman ikut pelatihan PETA (Pembela Tanah Air) di Bogor dan sukses menjadi Daidancho (Komandan Bataliyon) di Daidan III Kroya, Banyumas.

Pasca kemerdekaan Indonesia, Soedirman merupakan Kolonel yang menjabat divisi V TKR Purwokerto. Adapun yang mendorong beliau ke posisi tertinggi di tubuh militer Indonesia adalah kesuskesannya memukul mundur Belanda di Ambarawa.

Selain itu, ketika agresi militer Belanda yang Kedua (19 Desember 1948 - 10 Juli 1945). Sang Guru yang menjadi Jenderal tetap bergerilya walaupun dalam keadaan sakit dan harus ditandu.

Pada Tanggal 29 Januari 1950, Soedirman yang merupakan Seorang Guru yang menjadi Jenderal meninggal dunia dengan meninggalkan jasa yang luar biasa untuk bangsa ini.

Panglima Besar Jenderal Soedirman ternyata dulunya seorang guru guy, bahkan ustadz pula. Memang, Soedirman itu Amazing.

Sumber: Viralis ID

Next
This is the most recent post.
Posting Lama
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Soedirman: Seorang Guru yang Menjadi Jenderal Besar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu