Latest News
Minggu, 19 Juli 2020

Kurang Ajar! Israel Mengubah Masjid Menjadi Bar




CIAMISMU.COM  – Bila beberapa saat lalu seluruh dunia heboh mempermasalahkan perubahan Hagia Shopia dari museum menjadi Masjid yang dilakukan pemerintahan Turki. Tapi di satu sisi ada yang tutup mata saat Israel mengubah Masjid menjadi Bar.

Padahal kasus kurang ajarnya Israel dilakukan setahun lalu, yaitu mengubah masjid bersejarah Palestina menjadi gedung serbaguna dan bar.

Dikutip dari Tempo, Sikap buruk Israel itu dilakukan oleh  perusahaan asal kota Safed. Dimana  masjid yang diubah adalah Masjid Al- Ahmad.

Perlu diketahui, Masjid Al-Ahmar itu termasuk masjid paling bersejarah di Safed, dimana kota ini merupakan kota arab yang pada tahun 1948 diduduki Komunitas Yahudi hingga sekarang. Sebelum menjadi bar, masjid ini sempat dikonversi menjadi sekolah Yahudi, lalu menjadi pusat kampanye Partai Likud, dan kemudian menjadi gudang. Terakhir dialihfungsikan menjadi klub malam.

Adapun pengubahan ini dilakukan oleh salah satu perusahaan asal kota Israel ini tidak lepas dari afiliasi mereka dengan pemerintahan. Adapun namanya Masjid Al-Ahmar diubah menjadi Khan Al-Ahmar.

Adapun upaya kaum muslimin, melalui Khair Tabari, yaitu sekretaris yayasan Safed and Tiberias Islamic, sedang mengajukan gugatan untuk mengembalikan fungsi asal masjid. Sayang pengadilan hingga hari ini belum mengabulkan gugatan mereka.


Perlu diketahui, dulu Kota Safed  merupakan tempat tinggal bagi 12.000 warga Palestina. Akibat keserakahan bangsa Yahudi, mereka harus terusir dari rumah mereka pada 1948.

Mustafa Abbas, seorang sejarawan yang juga penduduk asli Safed, mengutarakan bahwa Masjid Al-Ahmar memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang sangat langka. Dimana Masjid tersebut dibangun  pada tahun 1223-1277 Masehi oleh Sultan Mameluk, yaitu Sultan Al Daher Baibars.

Adapun penanda bahawa masjid tersebut telah dibangun sejak berabad-abad silam. bisa terlihat dari batu penanda yang berwarna merah sebelum masuk ke dalam Masjid.

Selain itu, menurut keterangan Mustafa penamaan Al-Ahmar berasal dari warna batunya, dimana dalam bahasa Arab warna merah yaitu ahmar. Adapun fungsi bangunan tersebut nampaknya digunnakan untuk serbaguna, asal bukan untuk kepentingan kaum muslimin.

Kurang ajarnya Israel yang mengubah Masjid menjadi Bar merupakan ketidak kerenan. So, sebagai bangsa santuy dan menjungjung tinggi keadilan. Mari kita doakan mas-mas wahyudi dapat hidayah.

SUMBER:
https://www.viralis.id/berita/kurang-ajar-israel-mengubah-masjid-menjadi-bar.html
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Kurang Ajar! Israel Mengubah Masjid Menjadi Bar Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu