Latest News
Senin, 28 September 2020

Ikhlas Kunci Diterimanya Ibadah

 




CIAMISMU.COM – Niat yang ikhlas itu merupakan kunci diterimanya amal ibadah disisi Allah. Maka banyak karya ulama yang berkaitan dengan tuntunan Ibadah selalu memulai tulisannya dari bab Niat Ikhlas karena Allah swt. Hal itu karena begitu pentingnya ikhlas saat beramal.

Dimana ayat-ayat suci Al-Qur’an dan sabda Nabi Muhammad saw tentang ikhlas dikutip dan dijelaskan tentang kedalaman maknanya secara berulang oleh para ulama. Salah satu Ayat Al-Qur’an yang sering dikemukakan adalah Al-Bayyinah (98): 5 yang berbunyi:

وَمَآ أُمِرُوٓا۟ إِلَّا لِيَعْبُدُوا۟ ٱللَّهَ مُخْلِصِينَ لَهُ ٱلدِّينَ حُنَفَآءَ وَيُقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَيُؤْتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ ۚ وَذَٰلِكَ دِينُ ٱلْقَيِّمَةِ

“Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus, dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian itulah agama yang lurus.”

Hal ini menunjukan dan menegaskan kembali bahwa Niat ikhlas karena Allah merupakan kunci diterimanya amal. Maka, sebesar apapun  dan sesering apapun amalan kita lakukan tapi belum ikhlas. Sudah menjadi ketentuan perbuatan baik tersebut akan tertolak.

Bahkan dalam salah satu Hadis Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan Imam Muslim melalui Abu Hurairah mengilustrasikan melalui kisah tiga orang yang amal baiknya malah mengantarkan mereka ke neraka.

Dimana ketika tiga orang tersebut diadili di pengadilan Allah yang maha Adil diakhirat, ketiganya dibukakan tentang isi hati mereka. Padahal ketiganya di dunia nampak memilki amalan yang luar biasa. Orang pertama adalah orang yang mati karena syahid di jalan Allah, kedua adalah seorang ulama yang mengajarkan dan membacakan Al-Qur’an untuk umat, dan ketiga adalah seorang dermawan yang rutin terlihat mendermakan hartanya.

Namun sekali lagi, amalan-amalan yang luar biasa tersebut mungkin di depan manusia akan lolos, sehingga nama mereka dipuja-puji sepeninggal mereka.  Hanya saja di depan pengadilan Dzat yang maha mengetahui dan maha adil tidak akan lolos secuilpun kedustaan.

Akhirnya syuhada, Ulama, dan dermawan yang riya tersebut awalnya akan masuk syurga. Malah berakhir di neraka.

Ilustrasi yang digambarkan dalam hadis Nabi tentu memberikan pelajaran bahwa orang-orang yang kesehariannya berkecimpung dalam kebaikan bisa tergelincir di neraka karena niat. Apalagi bagi yang belum jelas amalanya dan niatnya bukan karena Allah dapat dipastikan akan semakin tersungkur di neraka.

Oleh karena itu, mari kita memperbaiki dan memurnikan niat karena Allah dalam segala amal. Sehingga niat yang ikhlas benar-benar menjadi kunci untuk membukakan rahmat dari Allah.

Wallahu a’alam.

Oleh: Waskito Hartono, S.Th.i

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Ikhlas Kunci Diterimanya Ibadah Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu