Latest News
Selasa, 29 September 2020

PSSI Menunda Kembali Kompetisi Liga 1 dan 2

 


CIAMISMU.COM – PSSI secara resmi mengumumkan bahwa pihaknya akan menunda kembali Liga 1 dan Liga 2 untuk satu bulan mendatang. Penundaan kompetisi oleh federasi sampai bulan November ini telah disampaikan dalam web resmi PSSI pada Selasa (29/09/2020).

Pada halaman tersebut disampaikan bahwa kompetisi sepak bola di Indonesia ditargetkan mulai kembali pada bulan November 2020 hingga Maret 2021. Adapun mengenai alasan pemilihan bulan November 2020,  kompetisi akan sangat sulit dilaksanakan bila dimulai pada bulan-bulan setalahnya

"Kalau dilanjutkan Desember atau Januari 2021, sulit bagi PT Liga Indonesia Baru untuk memutar kompetisi. Sebab, April sudah memasuki bulan puasa dan Mei-Juni, kita akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jadi kalau dipaksakan pun pada bulan Agustus 2021. Tetapi, itu juga sulit bagi PSSI dan klub-klub Liga 1 untuk mengikuti agenda FIFA dan AFC,'' kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, dikutip dari halaman resmi PSSI.

Selain itu, bila kompetisi tahun ini hingga tahun berikutnya ditiadakan, pastinya akan berdampak pada regenerasi pemain.

Dimana menurut PSSI jika ketidakadaan kompetisi tahun dan tahun berikutnya terjadi, diperkirakan akan menghilangkan satu generasi. Hal itu dimungkinkan karena dalam ketiadaan satu tahun saja membuat banyak orang tidak bisa bermain di Liga 1, 2, dan 3.

Kemudian, Muhammad Iriawan selaku ketua PSSI mengakui bahwa penundaan kompetisi ini jelas berdampak kepada sejumlah pihak. Khususnya para pemain, wasit, dan lain-lain.

''Tentunya akibat penundaan dari kompetisi ini, dampak langsungnya kepada pemain, perangkat pertandingan dan seluruh ekosistem sepak bola. Sebab mereka menggantungkan hidupnya dari sepak bola,'' Menurut Iriawan, dikutip dari PSSI Org.

Terakhir, berkaitan dengan penundaan kompetisi sepak bola. Ketua PSSI hanya mengapresiasi soal upaya sejumlah klub yang sudah hadir di Yogyakarta.

''PSSI juga mengapreasisi klub yang sudah bersemangat berkorban dan mempersiapan tim demi kelanjutan kompetisi ini. Apalagi, banyak tim yang sudah datang ke Yogyakarta dan sekitarnya untuk mempersiapkan diri.'' Iriawan.

Hingga berita ini diturunkan, Ciamismu belum mendapati respon sejumlah klub dan pihak lainnya berkaitan dengan penundaan ini. Padahal upaya PSSI menunda kompetisi Liga 1 dan Liga 2 pastinya merugikan sejumlah pihak, khususnya untuk para klub peserta yang telah hadir di Yogyakarta. (WH/Sumber: PSSI Org).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: PSSI Menunda Kembali Kompetisi Liga 1 dan 2 Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu