Latest News
Kamis, 01 Oktober 2020

Berikut Waktu Mustajab di Hari Jum’at

 




CIAMISMU.COM - Sahabat Ciamismu, salah satu keutamaan di hari jum’at adalah terdapat waktu-waktu tertentu yang mustajab untuk berdoa. Sehingga sangat disayangkan bila diwaktu-waktu tersebut kita tidak manfaatkan untuk memanjatkan doa kepada Allah.

Berkaitan dengan ijabahnya doa, sebetulnya mau kapanpun dan dimanapun, bila Allah SWT berkehendak tentu doa kita akan terkabul. Hanya saja, perumpamaan waktu-waktu yang mustajabah itu layaknya jalan tol dan berdoa di waktu sembarang seperti dijalan biasa.

Kita bebas memilihnya, mau berdoa diwaktu mustajabah atau tidak. Tentunya akan saying bila ada kesempatan untuk doa kita cepat terkabul, tidak dimanfaatkan dengan baik.

Berikut adalah dua waktu mustajab untuk berdoa di hari Jum’at:

Pertama, Jeda Waktu antara khutbah pertama dan kedua hingga pelaksanaan shalat jum’at.

Hal ini berdasarkan atas indikasi Sabda Nabi Muhammad saw sebagai berikut:

فِيهِ سَاعَةٌ لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ وَهُوَ قَائِمٌ يُصَلِّي يَسْأَلُ اللَّهَ تَعَالَى شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَأَشَارَ بِيَدِهِ يُقَلِّلُهَا

Artinya: Pada hari (Jum’at) itu ada satu waktu, jika ada seorang hamba Muslim yang berdiri melakukan shalat dan berdoa (memohon) sesuatu kepada Allâh Azza wa Jalla bertepatan dengan waktu itu, maka pasti Allâh Azza wa Jalla mengabulkan doanya.

 

Dan nash dari Imam Muslim dari Abu Musa Al’Asary secara jelas menggambarkan bahwa waktu mustajabah diantara dua khutbah hingga pelaksanaan shalat jumat. Adapaun bunyinya sbegaai berikut:

هِيَ مَا بَيْنَ أَنْ يَجْلِسَ الإِمَامُ إِلَى أَنْ تُقْضَى الصَّلاَةُ

Artinya: “Waktu itu adalah waktu yang terbentang antara waktu duduknya imam sampai pelaksanaan shalat Jum’at.”

Kedua, Waktu Mustajab untuk berdoa lainnya adalah ba’da Ashar.

Hal ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad saw dari Abu Sa’d Al-Khudry dan Abu Hurairah:

إِنَّ فِي الْجُمُعَةِ سَاعَةً لَا يُوَافِقُهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ فِيهَا خَيْرًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ وَهِيَ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya:“Di hari Jumat terdapat suatu waktu, dimana jika ada seorang hamba muslim yang memanjatkan doa kepada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang dia minta. Waktu itu adalah seteah asar.” (HR. Ahmad).

Hadis tersebut juga dikuatkan oleh hadis lainnya sebagai berikut:

يَوْمُ الْجُمُعَةِ اثْنَتَا عَشْرَةَ سَاعَةً ، لَا يُوجَدُ فِيهَا عَبْدٌ مُسْلِمٌ يَسْأَلُ اللَّهَ شَيْئًا إِلَّا آتَاهُ إِيَّاهُ فَالْتَمِسُوهَا آخِرَ سَاعَةٍ بَعْدَ الْعَصْرِ

Artinya: “Pada hari jumat ada 12 jam. (Diantaranya ada satu waktu, apabila ada seorang muslim yang memohon kepada Allah di waktu itu, niscaya akan Allah berikan. Carilah waktu itu di penghujung hari setelah asar.” (HR. Abu Daud).

Oleh: Waskito Hartono

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Berikut Waktu Mustajab di Hari Jum’at Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu