Latest News
Kamis, 15 Oktober 2020

Meluruskan Niat Saat Bekerja



CIAMISMU.COM – Meluruskan niat saat bekerja untuk diri kita dan keluarga merupakan suatu keharusan. Terutama meluruskan niat bekerja kita agar senantiasa murni ikhlas karena Allah.


Dimana niat ikhlas karena Allah itu bukan hanya pada hal-hal yang bersifat ritualistik seperti shalat, puasa, dan lain-lain. Tapi termasuk juga ketika kita bekerja mencari karunia Allah di muka bumi. 


Dimana Ikhlas itu merupakan syarat diterimanya amal, termasuk bekerja. Oleh karena itu, berbuat ikhlas saat bekerja harus dipahami sebagai upaya memurnikan tujuan untuk mendapatkan karunia Allah di dunia dan akhirat melalui usaha atau pekerjaan lainnya.


Sehingga dapati dipahami bekerja dengan ikhlas itu bukan berarti tidak harus mendapatkan materi. Tapi ketika kita memurnikan niat bekerja sebagai bagian beribadah kepada Allah swt, sang pengatur rezeki manusia. Tentu kita berharap ridho Allah akan kita dapatkan dan materi juga akan kita raih.


Sabda Rasulullah SAW, "Barangsiapa yang tujuan utamanya meraih pahala akhirat, niscaya Allah akan menjadikan kekayaan dalam kalbunya, menghimpunkan baginya semua potensi yang dimilikinya, dan dunia akan datang sendiri kepadanya seraya mengejarnya. Sebaliknya, barangsiapa yang tujuan utamanya meraih dunia, niscaya Allah akan menjadikan kemiskinannya berada di depan matanya, membuyarkan semua potensi yang dimilikinya, dan dunia tidak akan datang sendiri kepadanya kecuali menurut apa yang telah ditakdirkan untuknya". (Tirmidzi).


Jelas dalam sabda Nabi diatas, ketika tujuan utama kita dalam bekerja adalah materi. Tentu materi akan diraih, tapi mungkin saja ridho Allah akan menjauh. Apalagi terkadang ketamakan terhadap materi sedikit demi sedikit mendorong kita berbuat apa saja, termasuk melakukan hal-hal yang tidak diridhoi-Nya. Sungguh rugi bila kita sampai terjebak.


Agar kita tidak terjebak dalam kerugian seperti itu, maka penting rasanya untuk memperbaiki terus niat kita saat bekerja. Terutama, mewujudkan niat baik kita dalam bentuk nyata.


Caranya, kita harus bekerja dengan etos dan dedikasi yang luar biasa. Apalagi Allah juga menjanjikan bagi yang bekerja dengan ikhlas dan selalu terpaut dengan-Nya. Niscaya kita juga akan menjadi hamba yang beruntung, sebagaimana terkandung dalam firma-Nya sebagai berikut:


فَاِذَا قُضِيَتِ الصَّلٰوةُ فَانْتَشِرُوۡا فِى الۡاَرۡضِ وَابۡتَغُوۡا مِنۡ فَضۡلِ اللّٰهِ وَاذۡكُرُوا اللّٰهَ كَثِيۡرًا لَّعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ


Artinya: "Apabila shalat telah dilaksanakan, maka bertebaranlah kamu di bumi; carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak agar kamu beruntung." [QS` Al Jumu’ah: 10]. (Waskito Hartono/Ciamismu.com).

 


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Meluruskan Niat Saat Bekerja Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu