Latest News
Jumat, 02 Oktober 2020

Moeldoko Minta Jangan Semua Pasien Meninggal Dicovidkan

 


CIAMISMU.COM – Moeldoko selaku kepala staf kepresidenan dalam hasil pertemuannya dengan Gubernur Jawa Tengah telah bersepakat, khususnya soal data pasien meninggal di tengah wabah Covid-19. Dimana pihaknya meminta rumah sakit untuk jujur soal data tersebut, sehingga tidak menimbulkan keresahan di masyarakat.

Dikutip dari halaman Republika Online, Moeldoko menyampaikan bahwa hasil diskusi dengan Gubernur Jawa Tengah itu banyak, salah satunya menjurus soal definisi ulang kematian.

"Tadi saya diskusi banyak dengan Pak Gubernur, salah satunya adalah tentang definisi ulang kasus kematian selama pandemi. Definisi ini harus kita lihat kembali, jangan sampai semua kematian pasien itu selalu dikatakan akibat Covid-19," kata Moeldoko di Semarang, Kamis (1/10/2020).

Moeldoko menyampaikan soal pertemuannya dengan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo itu terkait membahas sejumlah isu tentang Covid-19. Isu yang berkembang salah satunya adalah rumah sakit rujukan meng-Covid-kan semua pasien meninggal. Tujuannya agar rumah sakit tersebut menedapatkan anggaran dari pemerintah.

Moeldoko menyatakan dalam sumber yang sama, bahwa banyak kasus dimana orang yang meninggal karena sakit biasa ataupun kecelakaan terkadang dilaporkan meninggal karena Covid-19.

"Ini perlu diluruskan agar jangan sampai ini menguntungkan pihak-pihak yang ingin mencari keuntungan dari definisi itu," ujarnya dalam Republika Online.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo membenarkan soal adanya isu Mengcovidkan pasien meninggal oleh rumah sakit. Sehingga isu tersebut tentnuya membuat masyarakat menjadi resah, khususnya di Jawa Tengah.

"Tadi Pak Moeldoko tanya, itu bagaimana ya banyak asumsi muncul semua yang meninggal di rumah sakit 'di-Covid-kan'. Ini sudah terjadi di Jawa Tengah, ada orang diperkirakan Covid-19 terus meninggal, padahal hasil tes belum keluar. Setelah hasilnya keluar, ternyata negatif. Ini kan kasihan, ini contoh-contoh agar kita bisa memperbaiki hal ini," katanya.

Adapun upaya mencegah terhadap upaya kenakalan soal pasien yang di Covid kan. Gubernur Jawa tengah telah menggelar rapat dengan jajaran rumah sakit rujukan Covid-19. Hasilnya, dalam proses menentukan atau mengekspos data kematian Corona harus terverifikasi lebih dulu.

"Seluruh rumah sakit di mana ada pasien meninggal, maka otoritas dokter harus memberikan catatan meninggal karena apa. Catatan itu harus diberikan kepada kami, untuk kami verifikasi dan memberikan 'statement' keluar," ujar Ganjar.

Bahkan dirinya menambahkan hal tersebut memungkinkan terjadinya keterlambatan data soal kematian. Tapi menurutnya keterlambatan itu lebih baik daripada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. (WH/Sumber: Republika Online).

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Moeldoko Minta Jangan Semua Pasien Meninggal Dicovidkan Rating: 5 Reviewed By: Redaksi Ciamismu