Latest News
Jumat, 16 Oktober 2020

Wapres: Vaksin Corona Tak Halal Bisa Digunakan Saat Darurat



CIAMISMU.COM - (Jakarta) Ma’ruf Amin selaku Wapres menyampaikan soal pemakaian Vaksin Corona harus tetap berdasarkan hasil penetapan dari  MUI. Walapun hasil penetapannya menyatakan tak halal.


Menurut Wapres, hasil penetapan MUI itu penting. Terutama bila Vasin Corona tak halal dapat digunakan selama vaksil halal belum ditemukan.


"Maka bisa digunakan walau tidak halal secara darurat, tapi dengan penetapan oleh lembaga bahwa iya, ini boleh digunakan karena keadaannya darurat, tapi harus ada ketetapan yang dikeluarkan oleh MUI," ujar Ma'ruf, Jumat (16/10/2020) dikutip dari halaman CNN Indonesia.


Penggunaan Vaksin Corona yang tak halal saat darurat, menurut Ma’ruf masih bisa dilakukan. Apalagi hal tersebut pernah terjadi pada kasus vaksin meningitis.


Ma’ruf menjelaskan tentang vaksin meningitis walau dinyatakan tak halal, tetap bolleh digunakan. Terutama untuk mencegah penyakit atau dampak lainnya yang lebih berbahaya.


"Seperti meningitis itu ternyata belum ada yang halal, tapi kalau tidak ada, tidak digunakan vaksin akan timbul kebahayaan, akan timbulkan penyakit atau penyakit berkepanjangan," kata Ma’ruf dalam sumber yang sama.


Ma’ruf Amin turut menjelaskan dasar argumennya yang berkaitan dengan lima tujuan syariat. Dimana menjaga jiwa ternyata masuk selain menjaga agama.


Menurutnya, bila dalam keadaan normal menjaga agama itu dinomorsatukan. Sedangkan dalam keadaan darurat seperti sekarang, menjaga jiwa harus diutamakan.


Dirinya menambahkan bahwa menjaga jiwa itu diutamakan saat belum ada alternatif. Bahkan dirinya menjelaskan bahwa dalam agama itu ada kemudahan, seperti dalam shalat.


Mengenai langkah pemerintah soal vaksin. Ma’ruf menyampaikan bahwa pihak pemerintah sedang mengembangkan vaksin, khususnya melalui keputusan presiden Nomor 18/2020. Yaitu berkenaan dengan proses pengadaan vaksin dan vaksinasi dalam mencegah penyebaran corona.


Bahkan dalam Kepres yang ditandatangani presiden tanggal 5 Oktober tersebut, pemerintah jelas telah mengatur dari proses pengadaan hingga distribuski vaksin.


Dimana proses pengadaan vaksin Corona itu akan dilaksanakan oleh BUMN PT Bio Farma (Persero). Sedangkan  jumlah dan jenis pengadaan vaksin Covid secara lebih lanjut ditetapkan oleh Menteri Kesehatan.


Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan bahwa vaksinasi bakan dilakukan pada akhir tahun 2020. Entah cara tersebut dilakukan pemerintah secara mandiri ataupun bekerjasama dengan pihak lain seperti China dan Uni Emirat Arab. (WH/Sumber: CNN Indonesia).


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Wapres: Vaksin Corona Tak Halal Bisa Digunakan Saat Darurat Rating: 5 Reviewed By: Admin Sambil Ngaji